7 Cara Klaim Asuransi Mobil Saat Alami Kecelakaan Ringan

lite 0
cara klaim asuransi mobil

Seberapa sering kamu khawatir akan mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil? Meskipun kecelakaan ringan tentu saja akan memberikan efek kerusakan, entah pada body mobil sebelah depan, samping, ataupun belakang.

Jika kamu mempunyai asuransi mobil, tentu hal tersebut tidak akan membuat kamu panik. Kamu hanya perlu tau cara klaim asuransi mobil untuk mendapatkan jaminan pertanggungan. Nah adapaun berikut ini beberapa cara klaim asuransi mobil saat mengalami kecelakaan ringan.

Langkah Klaim Asuransi Mobil Saat Kecelakaan Ringan

Saat kamu akan mengajukan klaim asuransi mobil atas kecelakaan ringan yang kamu alami, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Nah agar lebih mudah berikut ini cara klaim asuransi mobil agar mudah disetujui:

  • Kumpulkan Dokumen Persyaratan yang Diminta

Saat akan mengajukan klaim asuransi mobil, kamu perlu melengkapi dokumen persyaratan yang pihak asuransi tentukan. Diantaranya polis asuransi, KTP, SIM, STNK, dan ada surat keterangan polisi atas kecelakaan yang kamu alami.

  • Kontak Pihak Asuransi

Informasikan kepada pihak asuransi atas kecelakaan yang kamu alami dan tujuanmu untuk melakukan klaim. Selain menghubungi pihak asuransi lewat ponsel kamu juga bisa langsung mendatangi kantor asuransi terdekat.

  • Siapkan Dokumen Untuk Pihak Ketiga

Dokumen ini dibutuhkan jika kecelakaan melibatkan pihak ketiga. Pastikan pula bahwa pihak ketiga tau kamu memiliki asuransi dan ingin melakukan klaim. Untuk detailnya kamu bisa bertanya pada pihak asuransi atas dokumen apa yang dibutuhkan.

  • Sertakan Foto Mobilmu yang Mengalami Kerusakan

Setiap pengajuan klaim asuransi mobil kamu wajib menyertakan foto mobil yang mengalami kerusakan sebagai bukti dan gambaran kejadian. Kamu juga bisa meminta dokumen pendukung dari kepolisian atas kecelakaan yang kamu alami.

  • Isikan Formulir Pengajuan Klaim

Agar proses klaim bisa berlanjut, maka kamu diawal perlu mengisi formulir pengajuan klaim. Secara umum formulir ini akan berisi data diri pemilik asuransi, dan berbagai pertanyaan seputar kronologi kecelakaan. Semakin lengkap keterangan yang kamu berikan, maka klaim asuransi mobil yang kamu ajukan lebih mungkin untuk diterima.

  • Wawancara

Pihak asuransi akan meminta waktumu untuk menanyakan seputar kecelakaan yang kamu alami. Secara umum, pertanyaannya akan mengkonfirmasi ulang apa yang sudah kamu beritakan di formulir pengajuan.

  • Gunakan Jasa Bengkel Rekanan

Seperti yang kamu tahu, klaim asuransi mobil hanya bisa kamu lakukan di bengkel rekanan asuransi. Sehingga kamu wajib tahu bengkel mana saja yang menjadi rekanan asuransi yang kamu gunakan. Biasanya bengkel rekanan juga akan mendapatkan pertanyaan seputar kerusakan mobil yang kamu asuransikan. Apabila laporan kerusakan sesuai dengan klaim akan pihak asuransi akan menerbitkan Surat Perintah Kerja untuk proses perbaikan mobil.

Kesimpulan

Berbagai cara klaim asuransi mobil di atas bisa memudahkan kamu mendapatkan persetujuan klaim. Sehingga lakukan tahapannya dengan benar agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikannya. Di Igloo cara klaim asuransi mobil sangat memudahkan bagi kamu yang masih pemula. Igloo merupakan perusahaan asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK sehingga tidak perlu khawatir akan pertanggungan yang mereka berikan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *